Tekanan Darah Tinggi Pada Lanjut Usia

Tekanan Darah Tinggi Pada Lanjut Usia – Untuk artikel saya kali ini saya akan membahas tentang penyakit darah tinggi pada lansia atau lanjut usia yang sering sekali dialami oleh masyarakat kita saat ini. Penyakit darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi memang kebanyakan dialami oleh orang-orang yang usianya lanjut, semakin bertambahnya usia seseorang maka tekanan darahnya akan ikut bertambah atau naik. Tekanan darah tinggi pada lanjut usia biasanya 150/95 mmhg atau bisa lebih tinggi pada orang yang mempunyai usia diatas 50 tahun, penyakit tekanan darah tinggi pada lanjut usia bisa dibedakan menjadi dua dengan peningkatan sistolik da diastolik.

Untuk tekanan darah sistolik biasanya meningkat pada usia diatas 65 tahun sedangkan untuk diastolik dialami oleh usia 60 tahun kebawah, masalah tekanan darah tinggi pada lanjut usia memang sering mengganggu dan menjadi faktor utama penyakit koroner. Bagi anda yang sudah berusia lanjut atau untuk orang tua anda sebaiknya anda melakukan pola hidup yang sehat untuk mencegah penyakit darah tinggi ini. Banyak faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi menjadi naik pada orang-orang yang lanjut usia, jangan meremehkan penyakit tekanan darah tinggi karena penyakit ini bisa berakibat vatal jika sudah tidak terkontrol penyakit darah tinggi bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke bahkan bisa beresiko pada kematian. Saya akan memberitahu anda apa saja penyebab terjadinya penyakit tekanan darah tinggi pada lansia yang sering dialami.

Risiko-Penyebab-Tekanan-Darah-Tinggi-

Tekanan Darah Tinggi Pada Lanjut Usia

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Lanjut Usia :

  • Penurunan elastisitas pembulu darah perifer akibat penuaan, seiring bertambahnya usia elastisitas pembulu darah akan mengalami penurunan sehingga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi pada lanjut usia (lansia) akan naik diatas normal.
  • Perubahan Ateromatous akibat penuaan juga bisa membuat tekanan darah tinggi pada lanjut usia menjadi naik.
  • Penurunan kadar renin merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Lainnya :

Jenis Kelamin

Tekanan darah pria dan wanita bisa berbeda-beda, pada pria yang berumur sekitar 45 tahun lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi sedangkan pada wanita yang berusia diatas 65 tahun akan lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi dibandingkan pria. Jadi faktor kelamin sangat mempengaruhi tekanan darah seseorang.

Keturunan

Bukan hanya wajah dan harta yang bisa diturunkan ternyata penyakitg tekanan darah tinggi bisa juga diturunkan, bagi orang tua yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi ada kemungkinan akan menurunkan kepada anaknya tersebut.

Pola Makan Yang Buruk

Bagi anda yang mempunyai pola makan yang buruk sebaiknya anda mulai kebiasaan buruk anda dengan melakukan pola makan yang sehat, karena salah satu penyebab penyakit darah tinggi adalah dengan melakukan pola makan yang buruk. Sering mengkomsumsi makanan yang berlemak tinggi akan membuat tekanan darah seseorang menjadi naik secara drastis.

Obesitas

Faktor yang lainnya adalah obesitas, memiliki berat badan yang melebihi batas normal akan mengakibatkan penyakit darah tinggi. Maka dari itu bagi anda yang memiliki tubuh gemuk sebaiknya mulailah melakukan program diet sehat.

Tidak Pernah Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa orang yang tidak pernah melakukan olahraga pastinya akan rentan dengan berbagai penyakit contohnya seperti penyakit darah tinggi. Olahraga merupakan hal yang harus dilakukan seseorang jika ingin tubuh yang sehat karena dengan melakukan olahraga tubuh akan menjadi bugar dan bisa mencegah berbagai jenis penyakit yang berbahaya, olahraga sangat bagus untuk jantung agar bisa memompa darah sehingga peredaran darah didalam tubuh menjadi lancar dan pastinya tekanan darah tubuh akan menjadi normal.

Kebiasaan Merokok

Orang yang merokok sangat beresiko terkena penyakit darah tinggi, merokok bisa memicu tekanan darah seseorang menjadi naik secara drastis. Untuk anda yang perokok berat sebaiknya mulai sekarang mengurangi aktivitas anda untuk merokok bahkan anda harus berhenti merokok selain bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik merokok juga bisa menimbulkan berbagai penyakiit yang berbahaya seperti penyakit paru-paru.

Kelebihan Garam

Kelebihan garam merupakan salah satu penyebab terjadinya tekanan darah menjadi naik. Parah ahli berpendapat bahwa kelebihan garam didalam tubuh akan mengakibatkan tekanan darah menjadi naik, jadi bagi anda yang menyukai asin sebaiknya anda mengurangi kadar garam didalam masakan anda atau didalam makanan yang anda komsumsi setiap harinya.

Minum Alkohol

minuman beralkohol bisa menyebabkan kerusakan pada jantung, jantung merupakan salah satu organ tubuh untuk memompa darah jika jantung rusak secara otomatis jantung tidak bisa memompa darah secara baik dan akan mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sering Stres

Bagi seseorang yang sering mengalami stres secara terus menerus tekanan darahnya akan naik lebih tinggi diatas normalnya, stres bisa menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi tidak terkontrol dan hasilnya aliran darah akan lebih memuncak dan bisa terjadi penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Beberapa faktor diatas sering membuat tekanan darah tinggi pada lanjut usia (lansia) menjadi naik, jika anda yang suka melakukan kegiatan-kegiatan diatas sebaiknya anda mulai merubah kebiasaan buruk tersebut. Penyakit darah tinggi akan menjadi bahaya jika dibiarkan saja tentunya anda juga akan merasa tidak nyaman dengan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit darah tinggi. Mulailah melakukan gaya hidup yang sehat dengan mengkomsumsi makanan-makanan yang sehat seperti sayuran yang mempunyai serat dan vitamin tinggi, karena dengan melakukan gaya hidup yang sehat anda bisa mencegah berbagai penyakit yang berbahaya karena akan lebih baik jika mencegah daripada anda mengobati.

 


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tekanan Darah Tinggi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *