Risiko Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Risiko tekanan darah tinggi yang juga merupakan penyakit berbahaya. Jika kita juga masuk ke faktor-faktor risiko lainnya secara agar terperinci, kita melakukannya karena suatu faktor risiko biasanya tidak berdiri sendiri, dan karena akal sehat menyuruh kita untuk mencoba mengenali dan menghilangkang semua faktor risiko serta potensi saja sama sia-sianya dengan memperlengkapi mobil Anda denga sabuk pengaman paling bagus dan termahal, padahal Anda menyetir dengan ban yang sudah gundul dan rem yang rusak.

Kita tahu bahwa faktor-faktor risiko tekanan darah tinggi berkaitan erat dengan cara hidup kita. Tekanan darah tinggi, diabetes dan kelainan metabolisme adalah penyakit-penyakit masyarakat makmur. Karena orang-orang yang kurang gizi di negara-negara sedang berkembang biasanya terlalu miskin untuk “memiliki” faktor-faktor risiko ini, penyakit-penyakit kardiovaskular tidak terlalu umum diantara mereka.

Berikut adalah faktor-faktor risiko penyebab dari tekanan darah tinggi dan mendatangkan risiko akan komplikasi dari tekanan darah tinggi, yakni :

1. Berat badan berlebih

Hal ini meningkatkan berkembangnya berbagai faktor risiko dan oleh karena itu, berat badan itu sendiri merupakan suatu bahaya terhadap kesehatan. Sebanyak 85% dari semua pengidap diabetes, 80% dari semua orang yang memiliki kadar kolesterol darah dan atau trigliserida yang tidak abnormal, 70% dari semua kasus hiperurisemia (berlebihnya asam urat dalam darah), dan 60% dari semua orang yang mengidap hipertensi dari semua orang-orang yang kelebihan berat badan. Penyebab utama dari kelebihan berat badan adalah terlalu banyak makan. Penyebab lebih jauh lagi adalah kurangnya olahraga yaitu gangguan yang berhubungan dengan pekerjaan pada begitu banyak orang yang menghabiskan waktu kerja di belakang meja, bangku pabrik atau di belakang kemudi mobil.

2. Metabolisme lemak yang abnormal

Lemak serum yang dikenal sebagai lipid, memasok tubuh dan energi dan bahan pembangun. Sebagian lemak diperoleh dari makanan yang kita konsumsi dan sebagian lagi diciptakan oleh tubuh sendiri. Jika, sebagai akibat makanan yang buruk, tubuh menerima lebih banyak lemak daripada yang dibutuhkan, kadar lemak tubuh pun meningkat.

Suatu kondidi lemak darah tinggi yang kronis (hiperlipidemia) bisa memicu dan mempercepat proses perusakan dinding arteri-kondisi yang kita sebut arterioklerosis. Dua jenis lemak darah-kolesterol dan triglieserida dan terutama kolesterol yang memainkan peran penting di dalamnya. Kolesterol sebagian besar diproduksi oleh tubuh sendiri, tetapi kadar kolesterol darah dikaitkan dengan makanan kita dengan jenis lemak yang makan dab kolesterol yang terkadnung dalam makanan kita. Tubuh mampu mengubah karbohidrat seperti gula, tepung, roti, dan produk-produk roti menjadi lemak yang dikenal sebagai trigliserida.

3. Merokok

Merokok adalah suatu faktor risiko penting dalam penyakit kardiovaskular, menurut suatu penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1965. Walaupun orang yang merokok satu pak rokok sehari tiga kali lebih mungkin menderita serangan jantung dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, risikonya bertambah seiring dengan meningkatnya konsumsi rokok. Pada orang yang merokok terus-menerus, kemungkinann terjadinya serangan jantung 6 kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok.

4. Diabetes

Satu dari setiap orang pengidap diabetes cepat atau lambat akan menderita kerusakan pembuluh darah dan mengalami peningkatan risiko serangan jantung. Terjadinya tekanan darah tinggi di natara pengidap diabetes lebih besar daripada yang tidak mengidap diabetes pada kelompok umur yang sama dan sama tinggi pada pria dan wanita.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tekanan Darah Tinggi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *