Faktor Risiko Tekanan Darah Tinggi

Hypertensi atau yang biasa disebut dengan tekanan darah tinggi bisa datang tapa gejala apapun, walaupun tanpa gejala tetapi bisa mempengaruhi organ tubuh lain seperti jantung dan ginjal.

Mungkin anda hanya mengenal istilah darah tinggi atau hipertensi saja. Tapi, tahukah anda kalau hipertensi ada beberapa jenis yang sering terjadi. Jenis penyakit yang sering terjadi ini memiliki 2 jenis. diantaranya primer dan sekunder.

Maka dari itu perlu dari kalian mengetahui apa saja jenis-jenis tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya ini. Berikut jenis jenis  tekanan darah tinggi dan penjelasannya :

  1. Hipertensi Esensial (Primer)
  2. Hipertensi Sekunder

Dan penjelasan penyebabnya:

Hipertensi Esensial (Primer)

Tipe ini terjadi pada sebagian besar kasus tekanan darah tinggi yaitu sekitar 95%. Penyebabnya tidak diketahui, walaupun dikaitkan dengan kombinasi faktor gaya hidup seperti kurang bergerak (inaktivitas) dan pola makan.

Hipertensi Sekunder

Tipe ini lebih jarang terjadi, hanya sekitar 5% dari seluruh kasus tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini disebabkan oleh kondisi medis lain (misalnya penyakit ginjal) aau reaksi terhadap obat-obatan tertentu (misalnya Pil KB).

tekanan darah tinggi

Faktor Resiko Tekanan Darah Tinggi

Pada sebagian besar kasus, penyebab darah tinggi tidak diketahui. Hal ini terutama terjadi pada hipertensi esensial. Walaupun demikian, terdapat beberapa faktor resiko yang dapat membuat seseorang lebih mudah terkena tekanan darah tinggi. Faktor resiko tersebut meliputi :

– Kelebihan berat badan
– Kurang berolaraga
– Mengkonsumsi makanan berkadr garam tinggi
– Kurang mengkonsumsi buah dan sayuran segar

Walaupun merokok hanya menyebabkan peningkatan tekanan darah sesaat, namun merokok secara dramatis meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Mitos Tekanan Darah Tinggi

Muka merah atau terasa panas bukan berarti seseorang menyandang tekanan darah tinggi

Menyandang tekanan darah tinggi tidak berarti seseorang akan merasa tegang, gugup atau hiperaktif

Mimisan tidak dapat dijadikan sebagai indikator tekanan darah tinggi

 

Dari kedua jenis hipertensi di atas sangat sering sekali di temukan. Tapi, tidak ada salahnya untuk kita melakukan pengecekan secara rutin agar mengetahui tekanan darah sehingga bisa mengantisipasi pengobatan yang efektif.

Next, baca juga Gejala Tekanan Darah Tinggi

Sekian…

No Responses

Add a Comment